Selasa, 12 Juni 2012

Koperasi Dharmasraya Masuk Nominasi Nasional


Dharmasraya, Padek—Ko¬pe¬rasi Unit Desa (KUD) Lubuk Karya dan Usaha Mulya di Dhar¬masraya masuk daftar koperasi yang ber¬peluang menjadi ko¬pe¬rasi ber¬prestasi tingkat nasional dan pro¬vinsi. KUD Lubuk Karya ber¬gerak di usaha perkebunan, perikanan dan peternakan serta penyaluran pupuk, sedangkan KUD Usaha Mulya khusus sim¬pan pinjam.

“KUD Lubuk Karya usa¬ha¬nya three in one, artinya di dalam ka¬wasan perkebunan sawit, ko¬perasi ini juga memiliki usaha tambak ikan dan beternak sapi. Hasil usahanya sudah mencapai puluhan miliar rupiah,” beber Kepala Dinas Koperindag Pem¬kab Dharmasraya Jufrial kepada Padang Ekspres, kemarin.

Jufrial menyebutkan, KUD Lubuk Karya dan KUD Usaha Mulya, merupakan dua dari 105 koperasi aktif di kabupaten pe¬me¬karan tersebut. Koperasi itu di¬ha¬rapkannya bisa me¬ngu¬lang sukses 2011 lalu. Ketika itu, KUD Remaja Makmur terpilih menjadi koperasi berprestasi tingkat nasional dan enam KUD berprestasi tingkat provinsi.

“Penilaian koperasi ber¬pres¬tasi ini sangat ber¬man¬faat untuk me¬mo¬tivasi ko¬pe¬rasi tidak aktif, dan me-num¬buhkembangkan usaha koperasi aktif di daerah. Buktinya, jika tahun 2011 lalu ko¬perasi aktif baru 96, sekarang sudah menjadi 105,” jelas Jufrial.

Kedua KUD tersebut, ke¬marin (11/6) dinilai tim yang dipimpin Ketua Dekopinwil Sumbar Chairul Darwis, be¬rang¬gotakan Rosiadi Abbas dari Bank Indonesia, Nur¬matias Muis (Bank Nagari), Rifai (Biro Perekonomian Pemprov), Hadi Karnalis (Bappeda Sumbar) serta Syafrizal dan Rika dari Dinas Koperasi dan UKM Sum¬bar. Tim ek¬spos di depan Bupati Dhar¬mas¬raya Adi Gunawan dan Jufrial di kantor bupati se¬tempat.

 “Koperasi itu dinilai dari sisi organisasi, manajemen, ke¬ua¬ng¬an, produktivitas, daya saing dan kepatuhannya serta manfaatnya bagi masyarakat,” kata Chairul.

Adi Gunawan menyebutkan, penilaian koperasi berprestasi ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan per¬ko¬per¬a¬sian di kabupaten yang di¬pim¬pinnya. “Kita berharap KUD Lubuk Karya dapat men¬jadi yang terbaik di tingkat Na¬sional, dan KUD Usaha Mul¬ya dapat menjadi yang ter¬baik pula di tingkat Pro¬vinsi , sehingga da¬pat meng¬ha¬rum¬kan nama Dhar¬masraya,”  ujar Bupati. ( Sumber : http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=29925 )

Tidak ada komentar: