Rabu, 30 Mei 2012

Bulungan, Surganya Sarang Semut














TANJUNG SELOR – Mungkin semua orang tahu bahwa Sarang Semut atau Myrmecodia, saat ini mulai dikenal luas sebagai obat untuk penyembuhan penyakit kanker dan tumor serta berbagai jenis penyakit lainnya seperti jantung dan lainnya. Obat jenis herbal yang sudah dijual di seluruh Indonedia ini, ternyata sangat mudah ditemukan di Kabupaten Bulungan.
Menurut Yati, 30 tahun, salah seorang penjual Sarang Semut di pasar induk kepada media ini, Sarang Semut yang ada di Bulungan ini terdiri dari dua jenis, yaitu Sarang Semut Perempuan dan Sarang Semut Laki-laki. “Kalau Sarang Semut Perempuan dijual Rp 50 ribu per kilogram, sementara Sarang Semut Laki-laki dijual Rp 100 ribu per kilogram. Kalau Sarang Semut Perempuan lebih bagus, makanya harganya sedikit  mahal,” ujar wanita paruh baya yang sudah dua tahun berjualan Sarang Semut di daerah pasar induk ini.
Dijelaskannya, Sarang Semut adalah satu dari banyak tumbuhan obat yang banyak tumbuh di daerah pedalaman Bulungan. Tumbuhan Sarang Semut adalah jenis tumbuhan epifit, tumbuh di cabang dan batang pohon lain yang lebih besar. Akan tetapi, tidak hidup secara parasit dan menghisap makanan dari induknya, melainkan hanya sebagai tempat menempel, menumpang untuk tumbuh. “Yang diminum adalah air rebusan dari Sarang Semut, yang masih berwarna merah. Kalau sudah bening, berarti potongan Sarang Semut-nya sudah tidak bisa digunakan lagi,” ujar Yati.(wan/ndy) ( Sumber : http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Bulungan/24749 )

Tidak ada komentar: