Senin, 14 Mei 2012

Bupati Awali Panen Raya di Sajau Hilir


TANJUNG SELOR – Sabtu (12/5) lalu, petani Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur menggelar panen raya padi sawah seluas sekira 217 hektare dari total luas hamparan sekira 600 hektare. Panen raya yang juga dihadiri warga Sajau Hilir ini secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Bulungan H Budiman Arifin bersama Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bulungan H Hasbullah, Kepala Dinas Pertanian Ideham, Hj Chairiah Budiman Arifin, camat dan kepala desa setempat. Untuk diketahui, pada tahun 2011, petani di Sajau Hilir, dari hasil panen padi saja, mampu mengumpulkan pendapatan bersih sekira Rp 34 juta per hektare, dengan hasil ubinan padi impari rata-rata sebesar 8,16 ton atau 8.160 gabah kering yang jika dijadikan beras bisa mencapai Rp 34 juta dengan harga jual Rp 7.000 per kilogram.

Namun kendalanya selama setahun, petani di Sajau Hilir hanya melakukan panen sekali, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan padi sawah di desa lain yang bisa mencapai dua sampai tiga kali setahun. Kondisi ini sendiri menurut petani, akibat tidak adanya pengairan.

Menanggapi keluhan tersebut, bupati berjanji akan memberikan fasilitas pengairan pada tahun 2013, dengan harapan hasil panen padi sawah di Sajau Hilir bisa meningkat dari panen setahun sekali menjadi tiga kali setahun. “Pemerintah Kabupaten Bulungan akan membantu petani, tapi petani harus semangat. Jika petani semangat, pemerintah kabupaten lebih semangat lagi memberikan bantuan. Begitu juga dengan sebaliknya, tidak semangat maka pemerintah kabupaten akan tidak semangat juga memberikan bantuan. Tapi intinya, kemajuan satu desa itu tergantung pada warganya sendiri,” ungkap bupati. “Dari itu, warga desa harus bersatu membangun desanya,” imbuh bupati ketika memberikan arahan kepada warga dan kelompok tani di Sajau Hilir, Sabtu (12/5) lalu.

Ditambahkannya, pemerintah kabupaten bersedia memberikan bantuan pengairan, asalkan warga rela lahannya terkena proyek, tanpa ada ganti rugi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Ideham dalam sambutannya mengatakan untuk produksi beras di Bulungan setiap tahun mengalami peningkatan 5 persen, sesuai dengan target nasional. Nah, karena keberhasilan itulah Kabupaten Bulungan menerima penghargaan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono. Ketersediaan pangan ini sendiri menjadi perhatian khusus pemerintah pusat.

Namun, untuk di Sajau Hilir tidak hanya penghasil beras, tetapi juga sebagai sentra pengembangan tanaman pisang, dengan pasaran ke Berau dan Tarakan, termasuk beras Sajau Hilir yang sudah di jual ke Bulungan. Untuk diketahui, selain melakukan panen raya, bupati juga menerima sekarung beras produksi Sajau Hilir dan penyerahan bibit padi kepada petani Sajau Hilir.(ian/ndy)
(Sumber : Radar Tarakan, Senin, 14 Mei 2012)

Tidak ada komentar: