Rabu, 30 Mei 2012

IRT Desa Prima Mulai Berproduksi



TANJUNG SELOR – Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima)  Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Hilir binaan Kantor Pemberdayaan Perempuan (KPP) Kabupaten Bulungan, mulai menghasilkan produk industri rumah tangga berupa keripik singkong dan pisang. Produk inilah yang dipamerkan kepada rombongan Pemerintah Kabupaten Bulungan yang dipimpin oleh Bupati Bulungan H Budiman Arifin ketika menghadiri panen raya padi sawah di Desa sajau Hilir, Sabtu (12/5) lalu. Seperti diketahui, selain beras, Sajau Hilir juga merupakan sentra budidaya pisang dan singkong.
Melihat potensi tersebut, KPP memberikan pelatihan kepada kaum wanita di Sajau Hilir untuk memanfaatkan potensi tersebut dan mengelolanya dengan baik. Sayangnya upaya tersebut belum berjalan maksimal, karena masih terkendala dengan keterbatasan peralatan produksi. Kendala tersebut, juga disampaikan ketua kelompok industri rumah tangga Desa Prima kepada bupati Bulungan.
Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) bersedia membantu mengatasi kendala dimaksud, terutama soal peralatan produksi dengan harapan produksi bisa meningkat. Tidak hanya itu, bupati juga menyarankan agar kelompok industri rumah tangga banyak berkoordinasi dengan Disperindagkop. “Untuk usaha atau industri rumah tangga, ada dinas yang menangani, Disperindagkop. Jadi banyak-banyak berkoordinasi agar produksi Desa Prima Sajau Hilir ini bisa meningkat, termasuk pemasarannya,” ungkap bupati ketika melihat langsung produk yang dipamerkan di lokasi acara seremonial panen raya itu.
Meski produk Desa Prima ini belum banyak dikenal, namun kelompok Desa Prima beruntung karena produk yang dipamerkan baik keripik singkong maupun pisang diborong habis oleh bupati. Untuk diketahui, pasaran produk pertanian Sajau Hilir tersebut sudah mencapai Kota Tarakan dan Kabupaten Berau, baik produk beras maupun pisang. Begitu juga dengan keripik singkong dan pisang, diharapkan pasarannya bisa mencapai luar Bulungan.(ian/ndy) ( Sumber : http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Bulungan/24495 )

Tidak ada komentar: