Selasa, 29 Mei 2012

DIKLAT MANAJEMEN PENGELOLAAN KOPERASI


Bagi Pengurus Koperasi

   

Salah satu kendala utama yang dihadapi oleh koperasi yaitu masalah klasik antara lain keterbatasan kemampuan sumberdaya manusia ( SDM ) dalam mengelola koperasi. Dalam hal ini kepemahaman tentang perkoperasian dan cara pengelolaan yang baik menjadi faktor utama yang menunjang maju tidaknya suatu koperasi. Jumlah koperasi di kabupaten Bulungan Tahun 2011 tercatat sebanyak 159 Koperasi yg tersebar di sepuluh Kecamatan dan yang mampu melaksanakan Rapat Angota Tahun (RAT) Tahun Buku 2010 sekitar 20 % . Hal ini menunjukan masih lemahnya pengelolaan Koperasi dan juga masih banyak pengurus koperasi belum  sepenunhnya memahami pembukuan /akutansi dan pengelolaan Koperasi yang baik.

Sebagai upaya meningkatkan SDM Pengurus Koperasi, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Perindagkop dan UKM telah melaksanakan Pendidikan  dan Latihan (DIKLAT) ”MANAJEMEN PENGELOLAAN KOPERASI BAGI PENGURUS KOPERASI”. Diklat dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 17 s/d 20 April 2012 yang diikuti 25 Orang peserta pengurus Koperasi di Wilayah Kabupaten Bulungan. Diklat yang dilaksanakan di Gd. Lamin Tanjung Selor ini dilatih oleh tenaga Instruktur profesional yaitu dari Lembaga Pendidikan Koperasi (LAPENKOP) Samarinda dan Widyaiswara Provinsi.

Selama Pelaksanaan Diklat peserta dari Kecamatan di luar Tanjung Selor diinapkan di Penginapan Lamin Tanjung Selor. Penyampaian materi serasa menarik karena peserta tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan tetapi juga diskusi dan praktek yang dipandu langsung oleh instruktur. Materi yang disampaiakan oleh instruktur diantaranya tentang :  Perkoperasian, Akuntansi Koperasi, Bisnis Koperasi dan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Dengan terlaksananya Diklat ini, merupakan salah satu peran dan kepedulian pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas SDM dari para pengurus Koperasi sehingga Koperasi dapat berjalan dengan baik dan akhirnya mampu mensejahterakan anggota khususnya dan masyarakat kabupaten Bulungan secara umum . 























Tidak ada komentar: