Senin, 23 Juli 2012

Jalan Binai-Tanah Kuning Diperpendek


TANJUNG SELOR – Guna memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat dari dan ke ibukota Kecamatan Tanjung Palas Timur, yakni Desa Tanah Kuning, Pemerintah Kabupaten Bulungan berencana membangun badan jalan baru penghubung antara Desa Binai dan Tanah Kuning.

Badan jalan baru itu nantinya bakal memperpendek jarak tempuh antara dua desa tersebut, yakni dari jarak sekitar 22 kilometer menjadi sekitar 7 kilometer.

Bukan itu saja, topografi jalan baru itu juga tidak sesulit jalan yang kini ada, yakni banyak tanjakan dan belokan.

Namun, badan jalan itu nantinya dibangun lurus mirip jalan tol.

Bupati Bulungan, H Budiman Arifin menyebutkan, pembuatan badan yang lurus Binai-Tanah Kuning itu, merupakan pembangunan kali kedua di kecataman paling timur Bulungan itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pekerjaan Umum pada tahun 2008 juga sudah merealisasikan pembuatan badan jalan baru penghubung antara Tanah Kuning-Mangkupadi yang lurus dan agak dekat garis pantai dengan panjang sekitar 8 kilometer.

Untuk diketahui jalan penghubung lama antara Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi itu memiliki jarak sekitar 17 kilometer.

“Ini (pembangunan badan jalan baru, Red.) untuk mempermudah transportasi dan mobilasi masyarakat setempat,” kata bupati dalam beberapa kesempatan.

Dengan adanya jalur transportasi yang mudah itu, lanjut bupati, maka bukan hal yang mustahil peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Tanjung Palas Timur dan sekitarnya bisa lebih meningkat.

Terkait dengan pembangunan jalan penghubung Binai-Tanah Kuning, bupati menargetkan, sebelum dirinya lengser dari jabatan Bupati Bulungan pada tahun 2015 nanti, jalan penghubung itu sudah bisa dilalui dan dinikmati warga untuk mobilitas ke daerah pantai di timur Bulungan.

“Insyaallah, tahun ini (2012, Red.) dimulai, dan mudahan-mudahan sebelum saya selesai jadi bupati sudah selesai agregatnya,” tukas bupati.(sdn/ndy) ( Sumber : http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Bulungan/25968 )

Tidak ada komentar: